Dansektor 22 : Akibat Limbah Kotoran, Rendahnya Kesadaran Masyarakat Buang Air Besar Ke Sungai

Reporter: Rohandi | Jumat, 2 Oktober 2020 | 01:04 WIB

damarnews.com - Kota Bandung, -

Dalam rangka HUT TNI Ke-75 dan HJKB ke 210, Dansektor 22 Citarum Harum Kol. Inf. Eppy Gustiawan meninjau langsung karya bakti Wilayah Sub 4 di Sungai Cikapundung Rw. 4 perbatasan Kelurahan Ancol Kecamatan Regol dan Kelurahan Cikawao Kecamatan Lengkong Kota Bandung, Kamis, (1/10/2020).

Tujuan dilaksanakan karya bakti ini adalah untuk membangkitkan semangat warga, untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan khususnya kebersihan di sepanjang sungai, sehingga akan tercipta lingkungan yang bersih dan sehat.

"Sungai masih terbilang kotor Akibat limbah Kotoran, Karena masih rendahnya kesadaran masyarakat dalam membuang air besar pada tempatnya atau Open Defection Free (ODF)". Kata Dansektor 22 Kol. Inf. Eppy Gustiawan. Kamis (1/10/2020).

Rendahnya ODF, Menurut Dansektor, terbukti dengan masih banyaknya masyarakat yang tidak memiliki Septic tank sehingga membuang tinjanya secara langsung ke sungai.

"Padahal idealnya masyarakat memiliki septic tank komunal untuk mengatasi hal tersebut". Tuturnya.

Ia menghimbau kepada masyarakat agar tidak membuang sampah dan tinjanya langsung ke aliran sungai. Sebab akan berdampak buruk bagi kehidupan mereka.

"Karena kebersihan itu kepentingan semua masyarakat, dengan bersih tidak ada lagi sumber penyakit dari kotoran dan sampah". Pungkasnya. ***

Bagikan melalui: