Rd. Ratih Hanawidjaya, S.E., M.M., Dosen Tetap STIA Bandung & Dewan Penasehat Dosen Peneliti "PDPI" Jawa Barat : Hari Guru Nasional 2022, Inovasi Guru Kunci Sukses Kejayaan Bangsa  (Serentak Berinovasi Wujudkan Merdeka Belajar)

Reporter: Minda Kusumah | Jumat, 25 November 2022 | 14:48 WIB

Foto : Foto Rd. Ratih Hanawidjaya, S.E., M.M. (RMK)

DAMARNEWS.COM, BANDUNG -

Serentak Berinovasi Wujudkan Merdeka Belajar merupakan tema Hari Guru pada Tahun 2022. Merdeka belajar memberikan ruang, kesempatan para guru untuk melakukan inovasi dalam proses belajar mengajar sehingga melahirkan anak didik yang lebih kreatif, lebih mandiri, dan mampu bertarung dalam pertarungan dunia global. Menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, bahwa Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar dan pendidikan menengah,dan Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Pendidikan itu penting demi pembangunan harkat dan martabat bangsa. Bukan hanya soal pintar, tapi juga bagaimana pendidikan itu menciptakan sosok penerus bangsa yang diandalkan. Semua itu terjadi lantaran guru sudah memberikan ilmu-ilmu pengetahuan, akhlak, hingga cara bersosial yang sesuai arahan, ujar Dosen Tetap STIA Bandung ini. Untuk mewujudkan masa depan masyarakat, bangsa dan negara Indonesia yang gemilang dan jaya, semua guru di seluruh pelosok Tanah Air untuk terus bekerja dan berkarya menyukseskan pembangunan di bidang Pendidikan. Sekarang adalah waktu yang tepat untuk menyamakan arah perjalanan menuju satu tujuan yaitu pendidikan Indonesia yang maju, berkualitas dan merdekakan, lanjut Dewan Penasehat Dosen Peneliti PDPI Jawa Barat ini.

Foto : Kebersamaan Rd. Ratih Hanawidjaya, S.E., M.M. Sekeluarga (RMK).

Rd. Ratih Hanawijaya yang terlahir dari Ibu Seorang Guru sangat memahami kehidupan ibunya sebagai Guru yang cermat dengan waktu dan cekatan dalam mengerjakan apapun, membesarkan dan mendidik enam orang anaknya dengan bekal ilmu yang dimilikinya. Ternyata bekal yang diberikan Ibunya dulu sangat berguna bagi keluarganya. Baginya Ibu tak hanya sekedar Guru, tetapi juga pendidik sejati. Ibu memang seorang yang berfikiran maju dan visioner karena menyiapkan putera dan puterinya agar siap menjalani kehidupan ini, ungkap istri dari Kombes.Pol. Bakti Eri Nurmansyah, S.I.K., M.Si. Selamat Hari Guru Nasional, terus bekerja, teruslah berdarmabhakti untuk bangsa dan negara.

( RMK )

Bagikan melalui: