Kabid Humas Polda Jabar : Polisi Bersama Warga Desa Haurkuning Bersihkan Material Longsor

Reporter: Administrator | Selasa, 24 Januari 2023 | 18:51 WIB

DAMARNEWS.COM, Kuningan - Kapolres Kuningan Polda Jabar AKBP Dhany Aryanda melalui Kapolsek Kadugede Polres Kuningan Polda Jabar AKP Mohammad Faisal beserta anggotanya, Pada hari Selasa, 24 Januari 2023 mendapat informasi dari sodara Jumhana ( Perangkat Desa Haurkuning ) telah terjadi pergeseran tanah yang mengakibatkan longsor di Dusun Wage RT 004 RW 004 Desa Haurkuning Kecamatan Nusaherang Kabupaten Kuningan.

Robohnya TPT tinggi kurang lebih 12 meter dan lebar kurang lebih 9 Meter. Adapun saksi-saksi warga setempat Jumhana ( 58 ) , Perangkat Desa, Dusun wage RT 003/004 Desa Haurkuning.

Didapat informasi dari perangkat Desa Haurkuning sodara Jumhana, telah terjadi pergeseran tanah yang mengakibatkan longsor di Desa Haurkuning Kecamatan Nusaherang. Menurut keterangan saksi pergeseran tanah tersebut diakibatkan oleh curah hujan yang tinggi disertai Luapan air di saluran air / drainase yang tidak berfungsi sehingga mengakibatkan TPT roboh.

Kapolsek Kadugede Polres Kuningan Polda Jabar AKP Mohammad Faisal, yang juga terjun langsung berjibaku bersama warga setempat membersihkan material tanah longsor, penanganan sementara dari bencana ini harus segera dilakukan maka harus segera dibersihkan supaya akses jalan bisa normal kembali.

Akibat kejadian tersebut mengajibatkan TPT roboh TPT tinggi 12 meter, lebar 9 Meter serta menimpa tiang penyanggah kabel telkom hingga roboh.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Ibrahim, S.I.K., M.Si. memberikan himbauan kepada Warga masyarakat sekitar untuk berhati- hati akan rawan bencana longsor di musim penghujan pada saat ini. Dikarenakan curah hujan yang tinggi dan disertai dengan angin kencang hingga sering terjadinya pergeseran tanah longsor dan pohon tumbang.

( Rohendi )

Bagikan melalui: