REGENERASI FKPPI SHOOTING CLUB DALAM RANGKA PENJARINGAN BIBIT ATLET CABANG OLAH RAGA MENEMBAK DILINGKUNGAN KELUARGA BESAR FKPPI KOTA BANDUNG

Reporter: Ended Rohendi | Selasa, 13 Agustus 2024 | 13:46 WIB

Penulis : Usep Wahyu, SH

Sekretaris FKPPI Shooting Club Kota Bandung

Perkumpulan Menembak Sasaran dan Berburu, Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI POLRI berdiri sejak tanggal 11 Mei 1996 di Kota Bandung. Wadah ini merupakan lembaga ekstra struktural atau organisasi pendukung yang menghimpun minat dan bakat sumberdaya anggota FKPPI dalam pencarian bibit atlet cabang olah raga menembak.

Wadah Perkumpulan Menembak Sasaran dan Berburu, Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI POLRI atau yang lebih akrab disebut FKPPI Shooting Club, saat ini melakukan optimalisasi club dalam rangka meningkatkan literasi organisasi serta upaya meningkatkan kemampuan dan keterampilan anggota mahir dalam menembak. Penataan organisasi kearah profesional sangat krusial penting untuk menjawab tantangan masa kini dan menjadi esensial dalam memecahkan berbagai masalah yang ada. Next Generation FKPPI Shooting Club dibawah kepengurusan Rudy Herawan,SE saat ini, dapat melakukan proses regenerasi dalam organisasi tidak hanya dilakukan dalam arti peralihan posisi atau jabatan dari senior kepada junior, akan tetapi yang lebih utamanya adalah bagaimana bisa mentransfer ilmu dan pengalaman. Dengan demikian proses kaderisasi FKPPI Shooting Club dapat mempersiapkan generasi untuk menerima tampuk kepemimpinan di masa depan, menjawab kebutuhan yang ada, serta tetap terjaga dan terpelihara organisasi di masa mendatang.

standarisasi organisasi yang sejajar dengan club club lain dibawah pembinaan Pencab PERBAKIN.

Pengembangan FKPPI Shooting Club harus dapat mengimplementasikan nilai nilai dasar keorganisasian selaras dengan regulasi organisasi PERBAKIN, hal ini sangat penting dilakukan agar standarisasi organisasi dapat mensejajarkan diri dengan club club lain dibawah pembinaan Pencab PERBAKIN. Pembinaan club FKPPI Shooting Club juga harus selaras dengan peran fungsi sebagai organisasi pendukung mendapat mandat organisasi induk PC.10.09 FKPPI Kota Bandung, sehingga sinergisitas organisasi baik kedalam maupun keluar dapat terpenuhi sesuai kebutuhan, pengetahuan dan keahlian anggota secara efektif, sesuai visi misi organisasi. Selanjutnya aktualisasikan FKPPI Shooting Club Kota Bandung, harus betul betul bermanfaat sebagai sarana inovasi organisasi yang menarik minat dan bakat anggota serta dapat melakukan penjaringan bibit bibit atlet dilingkungan keluarga besar FKPPI Kota Bandung. Pembinaan FKPPI Shooting Club harus bisa berdaya saing dengan club lainya. Kegiatan olah raga menembak anggota FSC melibatkan uji kemahiran akurasi, presisi dan kecepatan dalam menembak, seni menggunakan senjata jarak jauh, senjata ringan baik api maupun senjata angin dalam bentuk pistol dan senjata laras ganda. Dengan berbekal kemampuan anggota, maka ajang kompetisi yang diselenggarakan baik event tingkat lokal, nasional, maupun Internasional FSC dapat mengambil bagian. FKPPI Shooting Club Kota Bandung harus menjadi rule model dalam penyelenggaraan organisasi, maupun pembinaan anggota mempedomani terhadap peraturan serta perundang undangan yang berlaku sebagai pijakan tata kelola organisasi yang lebih baik.

Dalam upaya melakukan penjaringan bibit atlet dilingkungan keluarga besar FKPPI Kota Bandung metode yang dilakukan oleh FKPPI Shooting Club ada dua metode untuk mengidentifikasi bakal calon atlet, yaitu :

Seleksi Alam.

Proses dimana suatu keanggotaan seiring dengan waktu, sebagai respons terhadap perubahan lingkungan atau persaingan antar anggota akan terjadi Hanya yang terkuat akan bertahan hidup dan mewariskan gen mereka ke generasi berikutnya.

Seleksi Ilmiah.

Mengidentifikasi minat dan bakat dengan cara melakukan observasi secara terus menerus, sampai dengan menemukan pola yang dilakukan anggota dan dengan mudah menyimpulkan potensi bidang apa yang dapat dikembangkan.

Ada ciri kepribadian yang menunjang anggota untuk berprestasi menjadi atlet yaitu ; ambisi presentatif, kerja keras, gigih, mandiri, komitmen, cerdas dan swa kendali. Dari ciri ciri tersebut merupakan talent scout identik kuat dengan seseorang yang berbakat untuk bisa dikembangkan sesuai harapan.

Bertolak dari uraian diatas, maka FKPPI Shooting Club akan terus melakukan berbenah diri organisasi dan hal ini menjadi sangat penting dilakukan guna mewujudkan wadah club yang berkualitas serta dapat membentuk, mengasah sikap dan etika anggota menjadi manusia unggul, berdasarkan prinsip unifikasi, rekreasi dan prestasi.

Unifikasi, maksudnya adalah bahwa segenap anggota yang bergabung dalam organisasi wajib mengutamakan persatuan dan kesatuan tanpa memandang suku bangsa, warna kulit dan agama.

Rekreasi, maksudnya adalah bahwa setiap anggota yang bergabung dalam organisasi wajib memahami bahwa kegiatan organisasi semata-mata adalah bertujuan untuk Olah raga Menembak dan Berburu, tidak berpolitik dan tidak memihak.

Prestasi, maksudnya adalah bahwa segenap anggota yang bergabung dalam organisasi FKPPI Shooting Club wajib memahami bahwa kegiatan organisasi adalah juga untuk tujuan prestasi diri dan prestasi organisasi.

Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa meridhoi atas segala upaya yang dilakukan dalam rangka pengabdian dan pengembangan organisasi FKPPI Shooting Club Kota Bandung sesuai yang diharapkan.

Salam....Mardi Menther Rineh.

Bagikan melalui: