Kolonel Eppy Gustiawan, Dansektor 22 Tinjau Pembersihan Sungai Cisurupan

Reporter: Ended Rohendi | Senin, 15 Maret 2021 | 16:34 WIB

DAMARNEWS.COM

BANDUNG - Kol. Inf. Eppy Gustiawan (Dansektor 22 Citarum Harum) meninjau pembersihan Sungai Cisurupan RT 06 RW 04 Kelurahan Cisurupan Kecamatan Cibiru, Kota Bandung, Senin (15/03/2021).

Kondisi Sungai Cisurupan saat ini dalam keadaan surut, beberapa tumpukan sedimentasi terlihat jelas yang ditumbuhi rumput liar yang subur.

Karya bakti pembersihan dilakukan bersama gober kewilayahan, dengan target utamanya adalah rumput liar yang menumbuhi sedimentasi di tengah sungai.

Kolonel Eppy berharap setiap sungai bebas sedimentasi dan bersih dari tinja manusia, maka program 100% ODF mulai digalakan di tiap wilayah.

"Saya inginkan di daerah ini dibangun Ipal Tinja Komunal, lahan yang ada daripada tidak terawat seperti ini mending dibangun Ipal," ujar Eppy.

Pencapaian 100% ODF di se Kota Bandung terbilang belum separuhnya sukses, yaitu terkendala kawasan kumuh yang padat penduduk terbentur oleh kesediaan lahan di beberapa kewilayahan.

Pemerintah Kota Bandung program ini difokuskan, solusi penyediaan lahan untuk lokasi bangunan Ipal tersebut harus belanja barang.

Kolonel Eppy diskusi dengan aparat wilayah cisurupan, terkait pemeliharaan sungai kedepan masih butuh keputusan para pemangku jabatan yang bersentuhan dengan pagu anggarannya.

"Saya harap diawali oleh satgas citarum harum yang serius tiap hari membersihkan sungai, bisa jadi contoh dan motifasi kedepan bagi kewilayahan untuk meneruskannya," harap Eppy.

Keberadaan satgas Citarum Harum hanya berbatas waktu, yaitu 4 tahun kedepan selesai bertugas. Untuk menindak lanjuti suatu program yang berkelanjutan maka butuh regenerasi sebagai penerusnya.  Sebagai penerima manfaat hasil eksekusi ini adalah kewilayahan dan masyarakatnya, maka keikut sertakan pada pergerakan citarum harum harus masif supaya paradigmanya menjadi kuat terbentuk. ***

Bagikan melalui: