Edukasi Bhabinkamtibmas Polres Bima Manfaatkan Lahan Kosong untuk Ketahanan Pangan ditengah Pandemi

Reporter: Administrator | Selasa, 30 Maret 2021 | 21:38 WIB

DAMARNEWS.COM

BIMA, NTB - Polres Bima Pada Pelaksanaan Program Ketahanan Pangan Dampak Covid-19 Diwilkum Polres Bima dilaksanakan di desa leu kecamatan bolo, kabupaten Bima, Sabtu 27/3/21 siang.

Kapolres Bima AKBP Gunawan Tri Hatmoyo, S.I.K melalui Wakapolres Bima Kompol Edi Susanto, S.Sos mengajak semua masyarakat Bolo dalam memanfaatkan lahan kosong untuk ditanami tanaman yang dapat menopang kebutuhan sehari - hari.

Wakapolres Bima menyampaikan program ketahanan pangan ini dengan harapan dapat meningkatkan ketahanan pangan masyarakat kabupaten bima dan sekitarnya di masa pandemi Covid-19.

Dikatakan, kegiatan ini bertujuan mengajak personil polres Bima dan masyarakat untuk memanfaatkan lahan kosong untuk dikelola dan ditanami aneka tanaman baik itu sayur-sayuran maupun tanaman semusim lainnya, dan Polres Bima dan Polsek jajarannya Pun akan membantu mensosialisasikan kepada masyarakat cara memanfaatkan lahan kosong untuk menanam bibit sayuran, baik secara alami maupun hidroponik.

Polres Bima dan jajarannya juga berperan dalam membantu pemerintah di bidang ketahanan pangan selama masa pandemi akses masyarakat untuk mendapatkan pangan cukup terbatas, karena COVID-19 mengganggu segala sendi kehidupan baik kesehatan, sosial maupun ekonomi, berpotensi untuk munculnya kriminalitas di masyarakat karena terdesak kebutuhan konsumsi, terang wakapolres bima.

Dikatakan lahan kosong maupun pekarangan rumah masih banyak yang potensial untuk dijadikan areal pertanaman komoditi meski untuk konsumsi rumah tangga. “ Jika semua warga mengikuti maka kebutuhan rumah tangga akan dapat tercukupi” sebutnya.

Disela - sela penyampaiannya tersebut, menyampaikan bahwa kita harus terus berupaya melakukan berbagai inovasi khususnya dalam kegiatan bercocok tanam untuk memenuhi kebutuhan pangan dalam rangka mendukung program kampung sehat jilid 2 yang di baru- baru ini di canangkan oleh Kapolda NTB guna meningkatkan Ketahanan pangan masyarakat Bima dan Sekitarnya. Oleh karena itu mari kita bersama- sama bergotong royong menanam tanaman yang bermanfaat dengan masa panen yang pendek terutama tanaman untuk memenuhi kebutuhan pangan kita sehari - hari.

“Kita tidak boleh menyerah terhadap Pandemi Covid-19, dengan terus memanfaatkan lahan-lahan tidur yang belum tergarap. Maka peluang ini harus kita manfaatkan dengan baik agar bisa menciptakan masyarakat yang produktif,” tuturnya.

Rohendi

Bagikan melalui: