Pembersihan Sungai Cidurian, Satgas Sektor 22 Sub 02 Meratakan Sedimentasi Jika Dibiarkan Layaknya Gunung Es

Reporter: Ended Rohendi | Minggu, 4 April 2021 | 21:07 WIB

DAMARNEWS.COM

BANDUNG - Pembersihan Sungai Cidurian oleh Satgas Citarum Harum sektor 22 sub 02, bersama pasukan baraya sektor 22 bertempat di Rw. 16 Kelurahan Padasuka Kecamatan Cibeunying Kidul, Minggu (4/04/2021).

Pembersihan di wilayah ini satgas selain mengangkat sampah domestik juga meratakan sedimentasi yang menahun di tepian sungai. 

Dansub 02 sektor 22, Pelda Nursuhud mengatakan, sampah domestik di wilayah ini mulai bermunculan, terutama sampah plastik bekas bungkus belanjaan.

"Tampak berserakan di wilayah sungai yaitu didominasi oleh sampah domestik plastik mungkin bekas bungkus belanjaan, juga rumput liar yang menumbuhkan sedimentasi di tepi sungai," ujar Nursuhud.

Satgas membersihkan sepanjang 350 M sampah terangkat 100 kg, ceceran sampah masih banyak, menurut Nursuhud dimungkinkan sampah sampah plastik ini terbawa arus hujan tadi malam.

Pengangkatan Sedimentasi Sungai oleh satgas merupakan hal penting, jika dibiarkan sedimentasi layaknya gunung es, yaitu semakin lama akan semakin membesar.

Pemeliharaan sungai perlu dilakukan di seluruh kewilayahan, saat ini satgas Sektor 22 marak melakukannya dibantu oleh pasukan Gober Kewilayahan sebagi bentuk kolaborasi bersama pemerintah Kota Bandung.

"Kami berharap, kepada aparat kewilayahan dan masyarakatnya sebagai penerima manfaat makin sadar akan kepedulian terhadap kebersihan sungai, sehingga bisa memelihara kelestariannya," ujar Nur Suhud.

Satgas Citarum Harum Sektor 22 terus bergerak pada normalisasi sungai dengan mengajak pemerintah supaya lebih konsentrasi lagi terhadap kebersihan sungai, karena tujuan dari program citarum harum akan menambah index kebahagiaan masyarakat. (*)

Bagikan melalui: