Sektor 22 Sub 09, Dipimpin Peltu Ihwan Lakukan Pengawasan Normalisasi Sungai Cipamokolan

Reporter: Ended Rohendi | Senin, 5 April 2021 | 22:24 WIB

DAMARNEWS.COM

BANDUNG - Satgas Citarum Harum sektor 22 sub 09, dipimpin oleh Peltu Ihwan melakukan pengawasan Normalisasi Sungai Cipamokolan wilayah Rw. 01 Kelurahan Darwati Kecamatan Rancasari menggunakan alat berat, Senin (5/04/2021).

Pengawasan sungai di tiap wilayah satgas sektor 22 Citarum Harum adalah masif dilakukan, satgas lebih fokus pada tingkat pencemaran sungai, adapun penataan sungai merupakan upaya pencegahan bencana (Mitigasi).

Menurut Peltu Ihwan, penataan sungai melalui pengerukan di Sungai Cipamokolan dengan alat berat ini dilakukan oleh BBWS, berkolaborasi dengan satgas Citarum Harum sektor 22 untuk menghindari bahaya banjir.

"Penataan Sungai Cipamokolan terus diutamakan oleh kami dari satgas sektor 22, karena sungai cipamokolan merupakan salah satu sungai yang berpengaruh di Kota Bandung," kata Ihwan.

Di Wilayah hulu Sungai Cipamokolan telah dilakukan penertiban bangunan yang menghambat pada pemeliharaan sungai di beberapa bulan yang lalu.

Ini salah satu tindakan yang serius dari Satgas Sektor 22 untuk menjalankan Peraturan Presiden No. 15 Tahun 2018 sebagai landasan program Citarum Harum.

Penataan sungai pun merupakan tindak lanjut dari satgas Sektor 22 sebagai dukungan yang mengerucut pada bersih dan sehatnya sungai.

"Kami selalu berupaya untuk mengawal pada penciptaan kebersihan sungai, maka saya sangat mengapresiasi pada penataan yang dilakukan oleh pemerintah karena semua ini jelas bertujuan untuk membuat tata kelola sungai yang benar sesuai dengan tujuan dari program Citarum Harum," timpal Ihwan.

Pengerukan sungai saat ini menggunakan Excavator SUMITOMO SH 210 dan KOBELCO LONG ARM SK 210 LC, yang didatangkan dari BBWS Citarum.

Pasukan satgas sektor 22 sub 09 tidak hanya melakukan pemantauan dan pengawasan, namun dengan respek mereka melakukan secara manual, yaitu penataan area, menumpuk diposkan pasca pengerukan di kirmir sepanjang 100 m lebar 6 m tinggi 2 m dan  pengangkatan sedimen 30 m³ oleh Alat Berat. (*)

Bagikan melalui: