Pembalikan Pupuk Kompos, Satgas Sektor 22 Sub 16 Giat Pembersihan Kohe Untuk Mengurangi Pencemaran Sungai

Reporter: Ended Rohendi | Rabu, 7 April 2021 | 22:21 WIB

DAMARNEWS.COM

LEMBANG - Bersihkan Sungai Legok di Rw 12 Desa Kayu Ambon Kecamatan Lembang, oleh Satgas Citarum Harum Sub 16 bersama baraya sektor 22 dipimpin Serma Epi Nana Rukmana (Dansub 16-22), Rabu (7/06).

Masyarakat Desa Kayu Ambon masih ada pembuang sampah domestik ke wilayah sungai, pada pembersihan kali ini satgas berhasil mengangkat sampah sebanyak 150 kg di sepanjang 250 M sungai.

Pada kesempatan ini Serma Epi Nana Rukmana menyampaikan, banyaknya sampah di wilayah ini, biasanya bukan dari penduduk asli Desa Kayu Ambon, tetapi warga yang lewat pagi hari hendak berangkat kerja.

"Pernah kedapatan warga membuang sampahnya disini, di beberapa waktu ke belakang, setelah diperiksa dia warga lain desa menggunakan motor yang hendak berangkat kerja," kata Epi Nana.

Serma Epi Nana bersama anggota sering door to door melakukan sosialisasi kepada warga, dengan tema Program Citarum Harum untuk warga manapun tidak boleh membuang sampah ke sungai, lebihnya justru warga harus berperan serta dalam menjaga kebersihan sungai.

Pasca pembersihan sungai, satgas sub 16 mengolah kompos, yang sudah baku dijadwalkan untuk mengurangi tingkat pencemaran sungai dari kotoran hewan (kohe).

"Giat pembalikan pupuk kompos di Kp. Pasirwangi Ds.Gudang Kahuripan saat ini sudah fase pematangan, hanya beberapa hari lagi kompos sudah di pak siap dipakai," imbuh Epi Nana.

Ditempat ini merupakan tempat tetap bagi satgas sub 16 sektor 22 untuk memproduksi kompos sejak tahun 2018, dengan hasil yang lumayan banyak untuk digunakan pemupukan di sun 15 dan sub 17 yaitu sebagai sub pembibitan dan penghijauan disektor 22 Citarum Harum. (*)

Bagikan melalui: