Satgas Sektor 22 Sub 12 Fokus Pembersihan Kirmir dan Sedimentasi Di Sungai Cikapundung Kolot

Reporter: Ended Rohendi | Rabu, 7 April 2021 | 22:41 WIB

DAMARNEWS.COM

BANDUNG -Sungai Cikapundung Kolot wilayah Rw. 02 dan Rw. 04 Kelurahan Merdeka, dibersihkan oleh Satgas Citarum Harum sektor 22 sub 12, Senin (7/04/2021).

Pembersihan di wilayah ini, satgas lebih ke pembersihan kirmir dan sedimentasi, sedangkan sampah tidak banyak didapati walaupun ada.

Dansub 12 sektor 22, Peltu Ade Sukmana memimpin pada kegiatan ini, ia mengatakan bahwa sampah domestik beberapa waktu ini tidak banyak ditemukan, namun pembersihan sungai tetap masif dilakukannya.

"Pembersihan sungai adalah sama dengan pemeliharaan sungai, saat ini kami lebih ke pembersihan kirmir yang ditumbuhi rumput liar sedangkan sampah destik hanya sedikit," kata Ade Sukamana.

Disini Satgas berhasil membersihkan sungai sepanjang 200 M, menurut Peltu Ade Sukmana bahwa sampah ini didominasi oleh rumput liar.

Pembersihan rumput liar tidak kalah penting, sebab Sungai Cikapundung merupakan ICON Kota Bandung, maka pemeliharaannya pun harus diperhatikan termasuk bantarannya juga.

Pelestarian sungai di pusat Kota Bandung yaitu bidang pemeliharaan dan perawatannya, sehingga sungai akan menambah Citra Kota Bandung yang apik dan resik sebagai kota kooperatif bidang Destinasi Wisata.

"Kita konsisten pada pemantauan kebersihan sungai, ini merupakan menjaga Citra Kota Bandung yang sudah banyak dikunjungi wisatawan," imbuh Ade Sukmana.

Pemeliharaan kebersihan sungai oleh satgas Sektor 22 Citarum Harum, sudah dikenal oleh umum, Pemerintah Kota Bandung Pun menyatakan kolaborasinya untuk lebih ditingkatkan.

Memerhatikan hal ini, satgas konsisten melakukan sosialisasi kepada warga, supaya mereka tidak lagi membuang sampahnya ke sungai bahkan jika kedapatan akan dilakukan Tindak Operasi Tangkap Tangan. (*)

Bagikan melalui: