Polda NTB Gelar Acara Penandatangan Pakta Integritas Penerimaan Anggota Baru Polri

Reporter: Administrator | Rabu, 14 April 2021 | 23:22 WIB

DAMARNEWS.COM

MATARAM, NTB - menggelar acara Penandatanganan Pakta Integritas dan Pengambilan Sumpah Seleksi Penerimaan Terpadu Anggota Polri T.A 2021 Polda NTB, di lapangan Bhara Daksa Polda NTB, jalan Langko Kota Mataram, Selasa .(13/4/2021).

Acara itu di hadir Wakapolda NTB, Irwasda, Karo SDM, dan dikuti Kapolres jajaran Polda NTB melalui aplikasi Zoom meeting, selain itu dikuti juga oleh perwakilan peserta/ Calon AKPOL,BINTARA DAN TAMTAMA beserta orang tua masing-masing, untuk peserta lainnya mengikuti acara tersebut lewat IG, FB dan YouTube.

Acara diawali pembacaan sumpah dan penandatanganan Pakta Integritas yang diikuti seluruh Panitia, perwakilan orang tua dan perwakilan peserta seleksi penerimaan Polri.

Wakapolda NTB Brigjen Pol Drs Asby Mahyuza mengatakan Penandatanganan Pakta Integritas dan Pengambilan Sumpah Seleksi Penerimaan Terpadu Anggota Polri T.A 2021 agar seleksi penerimaan calon anggota Polri di Polda NTB dilaksanakan secara Bersih, Transparan dan Akuntabel.

"kita ambil sumpah panitia dan orang tua peserta agar sesuai dengan prinsip BETAH (Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis)," jelas Wakapolda NTB.

Karo SDM Kombes Pol Satria Yusada, S.I.K. mengatakan animo pelamar anggota Polri di NTB tahun 2021 ini sangat bagus, angkanya mencapai ribuan pelamaran putra dan putri.

Dijelaskan jumlah pelamar keseluruhan di NTB yang mendaftar melalui online 3405 orang terdiri dari putra 3031 orang dan wanita 374 orang, dari 3405 pelamar yang berhasil Terverifikasi 3186 orang terdiri dari putra 2851, wanita 335 orang, yang belum terverifikasi 219 orang terdiri dari putra 180, wanita 39 orang.

"mereka yang belum terverifikasi berarti belum punya kesempatan untuk mengikuti tes," jelasnya.

Pendaftar yang belum terverifikasi tambah Satria bukan karena pembatasan kuota pendaftar, tetapi lebih kepada persyaratan yang dimasukkan ke aplikasi tidak lengkap atau ada syarat lain yang tidak terpenuhi sehingga data mereka tidak terverifikasi oleh system.

Penerimaan anggota Polri sekarang sudah mengalami kemajuan, semua serba online, yang dulunya manual sekarang semua sudah menggunakan system komputerisasi yang terhubung langsung dengan server yang ada di Mabes Polri.

"semua data sudah terkoneksi ke server yang ada di mabes, misalnya tes psikologi, soal dikirim dari mabes lewat aplikasi dan jawabannya juga langsung terkirim ke Mabes melalui system, dengan system seperti ini kesempatan berbuat curang sudah tidak ada," tegasnya.

Untuk itu Satria mengingatkan semua peserta dan orangtua untuk tidak percaya kepada siapa saja yang menawarkan jasa loby pada penerimaan anggota Polri.

"tujuan penandatanganan pakta integritas ini salah satunya menghindari pihak-pihak yang memanfaatkan momen ini, untuk itu jangan percaya calo atau makelar," pungkasnya.

Rohendi

Bagikan melalui: