Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 13 Terus Bergerak Tahap Demi Tahap Bersihkan Sampah Domestik, Kirmir dan Sedimentasi Sungai Citepus

Reporter: Ended Rohendi | Kamis, 15 April 2021 | 21:47 WIB

DAMARNEWS.COM

BANDUNG - Tahap demi tahap Sungai Citepus wilayah Sub 13 sektor 22 terus dibersihkan, dari sampah domestik, kirmir hingga sedimentasi.

Dipimpin Dansub 13-22 (Sertu Dwi Bhakti) hari ini pembersihan kirmir dari rumput liar sebagai penghalang pemandangan juga sebagai gulma yang merusak kekuatan kirmir, karena korosi terjadi oleh akar rumput terhadap kirmir.

Sertu Dwi Bhakti, pada persiapan giat karya bakti ia mengatakan, kerusakan kirmir terjadi karena korosi oleh akar rumput liar, kami harap kepada anggota serius membersihkannya sebagai upaya dalam pemeliharaan sungai berikut lingkungannya.

"Rumput liar musim ini sangat subur, disiram air hujan terus menerus tapi ini sangat mengganggu terhadap kebersihan sungai, rumput liar juga menambah keropos pada kirmir, bila dibiarkan kirmir akan mudah roboh," kata Dwi Bhakti.

Sungai Citepus yang lebar dan panjang bila dipelihara akan menambah keindahan, apalagi jika penataan sungainya benar maka bisa jadi menambah destinasi wisata yang menarik.

"Kami memelihara bukan satu sungai ini saja, semua sungai ataupun saluran air manapun kami bersihkan karena di wilayah ini semua aliran mengarah ke satu sungai yang besar, yaitu Sungai Citepus yang bermuara di Sungai Citarum," beber Dwi.

Satgas citarum harum setiap hari membersihkan sungai, sebagai bentuk pemeliharaan terhadap aset sungai yang menjadi tugas utama saat ini.

Hal ini dibuktikan pula dengan penjagaan sungai, melalui patroli sungai merupakan konsentrasi perkembangan sungai, yang dimungkinkan setiap detik ada perubahan baik keburukan maupun bertahan dalam pemajuan teknik yang selama ini menjadi karya bagi satgas Citarum Harum. (*)

Bagikan melalui: