Di Bulan Ramadhan, Satgas Sub 13 Sektor 22 Tetap Giat Lakukan Pembersihan Anak Sungai Citepus

Reporter: Ended Rohendi | Sabtu, 24 April 2021 | 16:12 WIB

DAMARNEWS.COM

KOTA BANDUNG - Sertu Dwi Bhakti (Dansub 13-22) satgas Citarum Harum, memimpin pasukannya pada pembersihan di anak Sungai Citepus wilayah Rw 01 Kelurahana Mekarwangi Kecamatan Bojongloa Kidul Kota Bandung, Sabtu (24/04/2021).

Anak Sungai Citepus ini salah satu sungai penentu bahaya banjir di wilayah ini, dimungkinkan tempat bermuara diantara anak sungai yang ada sama memiliki debit air yang tinggi.

Satgas Citarum Harum terus memantau kondisi sungai yang dianggap vital bagi keamanan lingkungan.

Sertu Dwi Bhakti mengatakan, setiap sungai yang mudah terjadinya bencana, kami dan pasukan siap siaga jika ada hal yang urgent.

"Beberapa lokasi sungai memang ada yang sangat vital bagi keamanan lungkungan jika terjadi itensitas hujan tinggi, kami selalu mantaunya," kata Dwi.

Pengawasan sungai sama dilakukan pula oleh satgas sektor 22, termasuk pada penjagaan sungai jika ada yang rusak karena tekanan air tinggi bisa menjebol tanggul.

"Pemeliharaan kirmir harusnya diutamakan supaya bisa terkontrol kondisi saat ini, jika ada yang perlu diganti kan bisa ketahuan," ujar Dwi.

Kepekaan dan kewaspadaan terhadap bencana bidang sungai sangat dibutuhkan, hal ini akan menjamin kelestatian dan kokohnya sungai bisa membuat kenyamanan bagi warganya.

Saat ini bisa terpantau langsung oleh satgas Sektor 22 Citarum Harum, mereka rutin melakukan operasi sungai, maka dukungan pemerintah harus terbukti pula pada renovasi tata kelola sungai dengan stanbye dan meningkatkan SDM cepat tanggap pengaduan warga. (*)

Bagikan melalui: