Satgas Sektor 22 Sub 07 Berkolaborasi Gober Laksanakan Pembersihan Kirmir Dari Rumput Liar Di Sungai Cilimus Sepanjang 450 M

Reporter: Ended Rohendi | Sabtu, 1 Mei 2021 | 19:22 WIB

DAMARNEWS.COM

KOTA BANDUNG - Pembersihan kirmir kembali dilaksanakan oleh satgas Citarum Harum subsektor 07 sektor 22 berkolaborasi dengan Gober kelurahan Sukabungah Kecamatan Sukajadi, Sabtu (1/05/2021).

Dipimpin Peltu Bayu Dwi Cahyadi (Dansub 07),  pembersihan bertempat di Sungai Cilimus sepanjang sekitar 450meter dengan hasil sampah rumput sekitar 138 kg.

Peltu Bayu Dwi Cahyadi menuturkan, aksi pembersihan oleh satgas beberapa minggu ini seringnya pada membersihkan kirmir dari rumput liar.

"Alhamdullillah sampah domestik beberapa minggu ke belakang sudah mengurang di wilayah kami, namun rumput liar dan sedimentasi sungai yang masih kami bersihkan," kata Bayu.

Di musim sekarang tiap sungai subur ditumbuhi rumput liar (gulma), baik pada kirmir maupun di sedimentasinya.

Sedimentasi sungai dan gulma pada kirmir salah satu penyebab rusaknya sungai.

"Bila dibiarkan takutnya menjadi penyebab bencana jika hujan deras, kita menghindari dari hal hal yang tidak diinginkan," imbuh Bayu.

Pemeliharaan sungai yang dilakukan satgas Sektor 22 sudah dilakukan oftimal, baik pada giat fisik maupun non fisik berupa sosialisasi door to door kepada warga.

Ditempat terpisah Lurah Sukabungah (Nani Mulyani, S.A.P.,) mengucapkan terimakasih kepada satgas Citarum harum khususnya subsektor 07 penuh dengan semangat, secara rutin ikut menjaga kebersihan sungai di wilayahnya.

"Alhamdulillah sampah rumah tangga sudah mulai berkurang, semoga akan terus berkurang bahkan tidak ada sama sekali sampah rumah tangga yang dibuang ke sungai," kata Nani.

Mengedukasi warga, satgas Citarum Harum sektor 22 setiap hari dilakukannya. Yaitu dengan karya bakti merupakan edukasi mental, apalagi dengan komunikasi sosial.

Ini dengan langsung merupakan asupan bagi warga sebagai pedoman yang harus dilakukan setiap harinya.

"Semoga masyarakat makin sadar akan kebersihan,itu harapan saya sebagai lurah di Sukabungah," Ucap Nani. (*)

Bagikan melalui: