Dansektor 22 Kembali Lakukan Perdana Pembangunan Septic Tank Komunal Wilayah Sukapura Untuk Mempercepat ODF 100%

Reporter: Administrator | Kamis, 3 Juni 2021 | 21:48 WIB

DAMARNEWS.COM

KOTA BANDUNG, - Dalam rangka mempercepat ODF 100% dan Program Citarum Harum, Dansektor 22 Kol. Inf. Eppy Gustiawan kembali melakukan macul perdana pembangunan Septick Tank Komunal. Hal ini dilakukan Dansektor di Wilayah Rw. 8 Kel. Sukapura Kec. Kiaracondong Kota Bandung. Kamis (3/6/2021).

Open Defecation Free (ODF) adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan (BABS), Pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan.

Percepatan open dification free (ODF) adalah sebuah program Pemerintah Kota Bandung menuju air sungai bersih dan sehat. Program tersebut, sangat bersinergi dengan program citarum harum.

Sekcam Kiaracondong Drs. Amin Jarkasih mengatakan, bahwa kota Bandung saat ini belum 100 % memiliki predikat kota sehat. Namun hanya 70%.

"Mudah mudahan,  dengan adanya pembangunan kegiatan sanimas citarum ini, dapat mendongkrak tercapainya Bandung Kota Sehat khusunya di wilayah kiaracondong". Katanya.

Di wilayah kiaracondong, Sekcam menjelaskan, terdapat 6 Kelurahan, diantaranya, Kelurahan Cicaheum, Babakan Sari, Babakan Surabaya, Kebon Jayanti, Sukapura dan kebon kangkung. Untuk mencapai ODF 100% berbagai upaya dan usaha serta kerjasama terus dilakukan agar program tersebut bisa tercapai.

"Alhamdulillah, Kecamatan kiaracondong khususnya kelurahan sukapura pada hari ini dapat merealisasikan pembangunan sarana air kotor untuk kepentingan warga. Sehingga dengan adanya pembangunan ini masyarakat dan lingkungannya jadi sehat sehingga bisa mewariskan kepada anak cucu kita". Jelasnya.

Lurah Sukapura Melinasari menambahkan, Program bantuan Sanimas Citarum ini sangat bermanfaat bagi masyarakat untuk mewujudkan dan mensukseskan program ODF 100% menjadikan Bandung Kota Sehat.

"Alhamdulillah, kami bersyukur program ini bisa di bangun di wilayah Rw. 8 Kelurahan Sukapura. Mudah mudahan program sanimas citarum harum ini dapat mendorong percepatan ODF diwilayah tersebut bisa tercapai". Katanya.

Dansektor 22 Kol. Inf. Eppy Gustiawan menyampaikan, Septick tank komunal merupakan Salah satu program Citarum harum dalam mengatasi masalah limbah domestik rumah tangga.

"Septick tank komunal yang dibangun di Sukapura ini salah satunya untuk mengurangi limbah domestik yamg berfungsi untuk menormalisasikan sungai yang ada di kota Bandung'. Katanya.

Ia berpesan, Setelah IPAl di bangun, masyarakat sekitar bisa memanfaatkannya, merawat serta memelihara agar IPAL dapat di rasakan dalam waktu yang cukup lama.

"Perlu adanya edukasi dari kewilayahan dan peran masyarakat untuk pemanfaatan dan pemeliharaan dari IPAL ini. IPAL ini dibangun dari warga untuk warga".Pesannya.

Ia juga menghimbau kepada warga atau pemilik usaha kos yang lainnya, harus bisa secara mandiri dan tidak tergantung kepada pemerintah. kotoran manusia itu tanggung jawab moral perorangan bukan tanggung jawab pemerintah.

"Mereka harus wajib membuat septick tank nya secara mandiri dan tidak tidak berpangku kepada pemerintah. beberapa tempat lokasi sudah kita lakukan dengan membuat suatu komitmen yang tidak menerapkan komitmen maka di lakukan tindakan". Pungkas Eppy.

Rohendi

Bagikan melalui: