Satgas Sektor 22 Sub Pembibitan (15) Melakukan Pemeliharaan Bibit Pohon Tanaman Keras

Reporter: Administrator | Sabtu, 19 Juni 2021 | 21:29 WIB

DAMARNEWS.COM

CIMENYAN, - Satgas sektor 22 sub pembibitan (15) melakukan pemeliharaan bibit pohon tanaman keras, sebagai hasil penyemaian mandiri di Dago Resort Kecamatan Cimenyan, kabupaten Bandung, Sabtu. (19/06/2021).

Dituturkan Dansub 15 (Serka Taufik) bahwa pemeliharaan tanaman keras yang dimulai dari penyemaian, membutuhkan beberapa langkah supaya mencapai hasil maksimal.

"Pada tingkat penyemaian bibit kita harus sesuaikan kelembaban media dengan karakter bibit tanaman, setelah 4 minggu bibit baru kita pindahkan ke polybag," kata Taufik.

Pembibitan tanaman keras masih banyak dibutuhkan, yaitu untuk memenuhi kebutuhan lahan kritis di Kawasan Bandung Utara.

Dilahan pertanian milik warga, satgas sektor 22 menanam pohon keras sebagai balanching serasi tanah lahan kritis.

Hal ini disebabkan karena alih fungsi lahan, dari lahan hutan ke lahan pertanian.

Penanaman pohon keras di KBU satgas masih melakukannya, dengan mandiri satgas bersama warga petani menggunakan sistim Agro Porestry.

"Persiapan stok bibit tanaman keras terus kami persiapkan semaksimal mungkin, dengan harapan Lahan Kritis KBU bisa kembali subur dengan tanaman hutani," imbuh Taufik.

Kembalinya fungsi hutan yang sebenarnya, kawasan bandung utara perlu ditanami pohon keras, karena lahan pertanian lebih luas dari lahan hutan.

Maka kondisi ini menutup ratusan mata air yang ada di KBU, perlu ada kebali mata air tersebut maka pemerintah harus serius menangani tingkat revitalisasi hutan supaya bangkit dan subur.

Rohendi

Bagikan melalui: