Tim SAR Sat Brimob Polda Jabar Kembali Cek Debit Air Sungai Wilayah Cianjur

Reporter: Administrator | Kamis, 1 Juli 2021 | 06:55 WIB

DAMARNEWS.COM

CIANJUR, - Tim Siaga SAR Kompi 3 Batalyon B Pelopor Sat Brimob Polda Jabar dibawah pimpinan Briptu Frento kali ini melaksanakan pengecekan beberapa pintu air dibeberapa sungai yang berada di JL. Mariwati Desa Sindanglaya Lewuk, Kabupaten Cianjur.

Sungai ini merupakan salah satu sungai yang terhubung ke beberapa sungai yang berada di wilayah Kecamatan Cipanas yang notabene banyak pemukiman yang dekat dengan sungai tersebut, sehingga apabila terjadi turun hujan lebat dengan intensitas tinggi bisa dipastikan air yang turun bisa saja mengakibatkan bahaya banjir, untuk itulah kegiatan pengecekan ini dilaksanakan sebagai langkah antisipasi bencana banjir di musim penghujan.

Tim patroli SAR melaksanakan pengecekan guna memastikan sungai yang berada di wilayah Kecamatan Sukaresmi tidak ada kenaikan volume tinggi sungai sehingga masyarakat bisa tenang dan perlu diketahui wilayah Kecamatan Cipanas termasuk ke dalam dataran yang rawan akan bahaya longsor maupun banjir , sehingga diharapkan untuk bisa selalu bersiaga, bila nantinya debit air yang meningkat saat curah hujan tinggi.

Kita ketahui hujan lebat yang terjadi tidak bisa diprediksi waktunya, dikhawatirkan menyebabkan terjadinya luapan di beberapa sungai yang mengakibatkan genangan di beberapa daerah, meskipun tidak terlalu dalam namun ini tetap harus menjadi perhatian guna menentukan penanganan kedepannya apabila terjadi banjir secara tiba - tiba.

Sementara itu Komandan Satuan Brimob Polda Jabar Kombes Pol. Yuri Karsono, S.I.K, menyampaikan, "Kegiatan patroli SAR yang dilaksanakan oleh jajarannya ini adalah untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi apabila terjadi bencana bisa sesegera mungkin diantisipasi".

"Patroli SAR yang dilakukan oleh Satuan Brimob Polda Jabar adalah sebagai salah satu bentuk pelayanan kepada warga masyarakat dalam mengantisipasi terjadinya bencana, selain kegiatan SAR dalam kegiatannya para personil jajaran juga tetap memberikan himbauan kamtibmas kepada warga untuk mengantisipasi segala macam potensi gangguan yang terjadi di tengah masyarakat", ucap Yuri Karsono.

Ended

Bagikan melalui: