Sektor 22 Citarum Sub 6 Bersihkan Sampah di Bantaran Anak Sungai Cipeunya

Reporter: Administrator | Selasa, 13 Juli 2021 | 19:34 WIB

DAMARNEWS.COM

KOTA BANDUNG, - Sungai Cipeunya yang ada di Kota Bandung, hingga saat ini masih dihiasi dengan sampah. Kondisi ini terjadi akibat masih minimnya kesadaran masyarakat membuang sampah pada tempatnya. Selain sampah, rumput liar dan tebalnya sedimen masih banyak ditemukan di bantaran sungai, sehingga membuat kualitas air sungai menurun.

Menurut Dansub 6 Peltu Aris Santoso, bahwa Sampah plastik masih menjadi paling dominan ditemukan di bantaran sungai. Sampah yang tak bisa terurai ini menjadi kendala yang paling serius saat ini.

"Perlu kesadaran bersama masyarakat untuk menjaga lingkungan sungai, terutama agar kualitas air sungai dapat senantiasa bersih". Tutur Aris.

Pihaknya mengimbau agar masyarakat tidak lagi membuang sampah ke Sungai. Apalagi hal itu dapat memicu kualitas air sungai sebagai sumber kehidupan.

"Sampah di tepian anak Sungai Cipeunya menjadi PR bersama, kami terus berupaya mengimbau agar dengan kesadaran sendiri tidak membuang sampah sembarangan, apalagi itu dilakukan di Sungai". Kata Aris.

Meski pandemi Covid-19,  Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 6 terus melakukan upaya pembersihan sungai. Jika sudah bersih, sebaiknya dijaga bersama agar tidak ada lagi sampah yang dibuang ke sungai.

"Anggota dan Baraya kali ini membersihkan sampah di bantaran anak sungai Cipeunya Wilayah Rt 02 Rw 02 Kelurahan Cigondewah Kidul, Kecamatan Bandung kulon Kota Bandung". katanya.

Ia mengatakan, dengan begitu kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan agar semakin meningkat guna menciptakan keindahan sungai yang harus tetap terjaga.

"Setiap hari kami rutin membersihkan sungai dan mengangkut sampah di sekitar lokasi dan diharapkan tidak ada lagi sampah yang dibuang ke sungai". Pungkasnya.

Rohendi

Bagikan melalui: