Satgas Sektor 22 Sub 15 (Pembibitan) Laksanakan Penyiraman Bibit Pohon dan Menyiangi Pembersihan Polibag

Reporter: Administrator | Selasa, 20 Juli 2021 | 17:46 WIB

DAMARNEWS.COM

BANDUNG, - Satgas sektor 22 sub 15 (pembibitan) melaksanakan penyiraman bibit pohon serta menyiangi pembersihan sekitaran polibag bibit pohon, Selasa (20/07/2021).

Pelaksanaan yang disertai melaksanakan pembenahan dan pembersihan lahan, sebagai upaya untuk meningkatkan kesuburan bibit tanaman keras.

Dikatakan oleh Dansub 15 (Serka Taufik), pemeliharaan pada bibit tanaman keras dibutuhkan keahlian dan keseriusan, supaya hasil yang dicapai tidak sia sia.

"Kamipun sambil belajar, yaitu banyak membaca tentang budi daya bibit tanaman keras, maka kami implementasikan pada pemeliharaan yang setiap hari kami lakukan," kata Taufik.

Adalah pemupukan, pengobatan, penyeliaan benih dan penggemburan media tanam, ini semua termasuk pada pemeliharaan bibit tanaman keras.

Jika hal diatas tidak dilakukan maka faktor daya tumbuh bibit tanaman keras akan terganggu dengan bahasa tenarnya adalah kontet (kerdil).

"Kami upayakan sesempurna mungkin pada pemeliharaan bibit tanaman, meningkatkan daya subur bibit adalah hal utama, soalnya bibit tanaman ini diperuntukan untuk konservasi lahan kritis di Kawasan Bandung Utara (KBU)," jelas Taufik.

Lahan kritis KBU masih membutuhkan ratusan ribu tanaman keras, untuk meningkatkan kembali mata air yang hilang akibat berkurangnya tanaman keras.

Satgas sektor 22 siap mengembalikan lahan kritis KBU menjadi lahan hijau yang subur, bahkan sangat berharap KBU ini jadi kawasan wisata Komoditi buah unggulan, karena satgas makin memperbanyak menanam tanaman keras jenis buah buahan, yang diberikan langsung kepada petani penggarap lahan. 

Rohendi

Bagikan melalui: