Program Bersih dan Sehatnya Sungai, Dansub 07 Sektor 22 Monitoring Pembangunan IPAL Komunal

Reporter: Administrator | Rabu, 25 Agustus 2021 | 18:48 WIB

damarnews.com

BANDUNG, -  Oftimalkan program bersih dan sehatnya sungai dari pencemaran bakteri ekoli, Satgas Citarum Harum sektor 22 sub 07 mengondusifkan pelaksanaan pembangunan Ipal Komunal, Rabu (25/08/2021).

Melalui Dansub 07 sektor 22 (Peltu Bayu Dc) di wilayah Kelurahan Gegerkalong Kecamatan Sukasari, dilakukan monitoring pembangunan ipal komunal diantara di wilayah se Kota Bandung.

Ia mengatakan, semaraknya pembangunan ipal komunal adalah untuk menormalkan kondisi air sungai dari pencemaran bakteri ekoli yang disebabkan oleh kotoran berak manusia.

"Budaya buruk masyarakat bantaran sungai sudah bertahun tahun membuang beraknya ke sungai, kini membuat air sungai terkontaminasi bakteri ekoli maka dengan adanya program citarum harum prilaku tersebut harus dihentikan dengan pembangunan ipal komunal," ucap Bayu.

Semarak pembangunan ipal komunal di Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, memiliki dua fungsi utama program yaitu sebagai realisasi Citarum Harum dan oftimalisasi pencapaian 100% Open Dificafion Free (ODF) bagi Pemkot Bandung.

Garda terdepan bagi untuk suksesi 100% ODF bagi Pemkot Bandung mengandalkan kepada Satgas Citarum Harum Sektor 22 yang masif setiap hari berurusan dengan kebersihan sungai.

"Untuk urusan kebersihan sungai, kami dari satgas setiap hari bertugas sebagai eksekutor di setiap sungai dengan membawa pasukan gober di tiap wilayah kami bekerja, untuk itu pengawasan pembangunan ipal komunal kami lebih ke monitoring saja," imbuh Bayu.

Kolaborasi satgas sektor 22 citarum harum bersama Pemkot Bandung sudah terikat kuat, hal ini hasil dari pendorongan dari satgas itu sendiri supaya pemerintah daerah turut menyikapi kebersihan sungai dan lingkungan merupakan program yang bersifat wajib.

"Pemerintah bisa mewakili warganya sebagai penerima manfaat, bahkan suksesi program citarum harum akan menjadi syarat utama menuju kota sehat," tutup Bayu. 

Rohendi

Bagikan melalui: