Warga Rw. 09 Gelar Kegiatan Vaksinasi Tahap Pertama di GOR Aspol Sukajadi Rt.04 Rw.09 Kelurahan Cipedes Kecamatan Sukajadi Kota Bandung

Reporter: Minda Kusumah | Sabtu, 28 Agustus 2021 | 22:08 WIB

damarnews.com

KOTA BANDUNG - JABAR, - Dalam rangka mencapai herd immunity, Pemerintah Kota Bandung gencar melaksanakan kegiatan vaksinasi, salah satunya di GOR Aspol Sukajadi Rt.04 Rw.09 Kelurahan Cipedes Kecamatan Sukajadi Kota Bandung dengan jenis vaksin yang diberikan adalah vaksin Sinovac dosis pertama, Selasa (24/08/2021).

Ketua RW 09 Suherman ucapkan syukur atas antusiasme warganya dalam menerima vaksin. "Alhamdulillah antusias warga cukup banyak.

Vaksinasi adalah proses di dalam tubuh, di mana seseorang menjadi kebal atau terlindungi dari suatu penyakit, sehingga apabila suatu saat terpapar dengan penyakit tersebut, maka tidak akan sakit atau hanya mengalami sakit ringan. Vaksinasi terjadi biasanya dengan pemberian vaksin.

Sebagaimana manfaat dari vaksin lainnya, vaksin Covid-19 bermanfaat untuk memberi perlindungan tubuh agar tidak jatuh sakit akibat Covid-19 dengan cara menimbulkan atau menstimulasi kekebalan spesifik dalam tubuh.

Oleh sebab itu, meski sudah divaksin Covid-19, direkomendasikan tetap menjalankan protokol kesehatan (prokes), yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak untuk mencegah penularan virus corona.

Vaksinasi Covid-19 bisa mencegah kita menyebarkan virus corona ke orang lain. Jika cakupan vaksinasi tinggi dan merata di suatu daerah, maka akan terbentuk kekebalan kelompok (herd immunity).

Di Rw.09, vaksinasi dilaksanakan di GOR Aspol Sukajadi Rt.04 Rw.09 dengan total peserta sebanyak 60 orang.

Pada kegiatan yang berlangsung kondusif ini, calon penerima vaksin mendaftar dengan syarat membawa fotokopi KTP dan fotokopi Kartu Keluarga ke lokasi. Tahap selanjutnya, calon penerima akan melakukan pemeriksaan kesehatan. Jika lolos tahap tersebut, calon penerima dapat langsung disuntik vaksin oleh petugas. Proses pelaksanaan vaksinasi tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Warga sangat antusias dengan kegiatan vaksinasi ini dengan harapan herd immunity dapat segera terbentuk, khususnya di lingkungan Rw.09.

Dalam kegiatan ini, Vaksinator nya dari Puskesmas Sukajadi, yang dibantu oleh pihak terkait yaitu Kepala UPT Puskesmas Sukajadi, Camat Kecamatan Sukajadi, Lurah Kelurahan Cipedes, Kapolsek Sukajadi, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Ka Aspol Sukajadi, Ketua Rw.09 (Suherman), PKK Rw.09 dan Karang Taruna unit Rw.09.

Kegiatan Vaksinasi Tahap Kedua akan dilaksanakan pada tanggal 21 September 2021 di tempat yang sama, sekarang sedang dilakukan pendataan warga yang belum di vaksin.

( Minda )

Bagikan melalui: