Satgas Sub 17 Sektor 22 Melakukan Perawatan Pohon Serta Patroli Sungai

Reporter: Administrator | Minggu, 29 Agustus 2021 | 16:40 WIB

damarnews.com

CIMENYAN, - Satgas Sub 17 sektor 22 Citarum Harum melakukan perawatan pohon di Rw.12 kp. Caringin Tilu Desa Cimenyan Kecamatan Cimenyan kabupaten Bandung serta dilanjutkan patroli di wilayah Subsektor 17, Minggu (29/08/2021).

Bertajuk di Peraturan Presiden No 15 Tahun 2018 satgas sektor 22 merealisasikannya di lapangan sebagai langkah untuk mensukseskan program Citarum Harum.

Adalah Serma Adam selaku Dansub 17 sektor 22, di wilayah Cimenyan menggebyarkan aksinya sebagai satgas Citarum Harum untuk mengembalikan fungsi lahan hutan yang sudah berubah menjadi lahan kritis akibat pembukaan lahan pertanian oleh warga sebagai pemilik.

"Hasil penghijauan dengan tanaman keras yang kami lakukan yaitu satgas Citarum Harum sektor 22 dibeberapa tahun ke belakang, saat ini perlu pemeliharaan yang rutin, karena jika diabaikan tanaman keras ini akan gagal tumbuh," ujar Adam.

Pemantauan pada perkembangan hasil tanam di wilayah Cimenyan, Satgas Sektor 22 Citarum Harum sudah menjadwalkan setiap hari. Dengan rutinitas tersebut satgas bekerjasama dengan warga penggarap sebagai pemilik lahan.

Dengan upaya ini program penghijauan bisa berjalan dengan lancar bahkan tanaman keras yang ia tanam berada di lahan pertanian milik mereka. Dari hasil pendekatan yang khusus dengan alasan sebelumnya mereka menolaknya.

"Kami terus berupaya untuk mengembangkan penanaman pohon keras di Cimenyan, karena lahan kritis ini masih banyak, namun kondisi iklim dan bibit pohon yang belum siap tanam maka untuk saat ini kita fokuskan ke perawatannya," tambah Adam.

Disamping pemeliharaan tanaman keras, satgas sub 17 terus berupaya meraih nurani warga supaya bisa berjibaku pada pemeliharaan pohon bersama juga menerapkan kepedulian lingkungan supaya lahan kritis di Cimenyan cepat tergantikan oleh hijaunya lahan pegunungan oleh tanaman keras.

Yaitu dengan melakukan sosialisasi secara door to door yang diperketat dengan melakukan Patroli di wilayah sub 17.

Rohendi

Bagikan melalui: