PUSKESMAS UPT SUKAJADI KOTA BANDUNG KERJASAMA DENGAN APIKES BANDUNG UNTUK MEMPERCEPAT VAKSINASI

Reporter: Minda Kusumah | Selasa, 7 September 2021 | 17:25 WIB

damarnews.com

BANDUNG - JABAR, - Kepala UPT Puskesmas Sukajadi Kota Bandung Dr. Dedi Suherdi mengatakan bahwa peran puskesmas baik dalam penanganan pandemi COVID-19 serta sistem kesehatan nasional ke depannya sangatlah besar (07/09/2021).

Dedi mengatakan, sisi hulu pertama adalah bagaimana mengubah perilaku masyarakat, untuk lebih patuh dalam melaksanakan protokol kesehatan yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak."Peranan puskesmas sebagai titik paling ujung, paling dekat ke masyarakat sangat penting," ujarnya.

Strategi kedua di hulu adalah testing, tracing, dan isolasi. Dedi menegaskan bahwa di sini, puskesmas juga memiliki peran yang penting dan strategis dengan dukungan integrasi data dan monitoring digital, akan bisa langsung terkawal untuk penanganan kesehatan, ujarnya.

Terkait vaksinasi, saat ini pemerintah telah mempercepat laju dengan memaksimalkan tenaga kesehatan, infrastruktur kesehatan, serta menggandeng ormas dan perguruan tinggi untuk publikasi.

Dedi menilai perlu adanya terobosan dengan vaksinasi jemput bola yaitu dengan mendatangi beberapa kawasan yang dirasa perlu atau prioritas dalam vaksinasi yang selama ini dijalaninya.

"Selain itu, pemanfaatan data dan teknologi informasi untuk mapping vaksinasi juga perlu dioptimasi. Jadi, nanti akan kelihatan daerah mana yang perlu dipercepat vaksinasinya dengan skala umur, kawasan, gender dengan data yang ada," imbuhnya.

Dengan adanya kerjasama dengan Apikes Bandung diharapkan bisa membantu Puskesmas UPT Sukajadi dalam proses percepatan vaksinasi di wilayahnya minimal mencapai 70 persen sampai dengan akhir tahun 2021.

Apikes Bandung yang diwakili oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Minda Kusumah, M.M. mengatakan bahwa Apikes Bandung dalam upaya melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi akan selalu berperan aktif untuk pengabdian kepada masyarakat pada masa pandemi saat ini dengan turut serta membantu tenaga kesehatan untuk proses percepatan vaksinasi.

Salah satu kontribusi yang diberikan Apikes Bandung adalah menyiapkan tenaga dari mahasiswa guna membantu proses vaksinasi.Para mahasiswa diikutsertakan dalam rangkaian kegiatan vaksinasi sesuai dengan kompetensi yang harus mereka capai melalui pelatihan sebelumnya.

Hal ini dilakukan UPT Puskemas Sukajadi dengan Apikes Bandung melalui Nota Kesepahaman tentang kerjasama dalam Bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Selanjutnya mahasiswa akan melaksanakan PKL di Puskesmas untuk mengaplikasikan ilmu yang didapat dikampus ke lapangan secara langsung dan melaksanakan Tridharma yaitu Pendidikan, Pengabdian dan Penelitian. Pada PKL tersebut, pelaksanaan Tridharma akan ditempatkan penelitiannya di puskesmas. Sesuai dengan Permenkes untuk meningkatkan Akreditasi Puskesmas harus mempunyai perekam medis.

( Minda Kusumah )

#IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan. Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Bagikan melalui: