Pemeliharaan Tanaman Keras Terus Dilakukan Satgas Sub 09 Sektor 22 Dibantaran Sungai Cipamokolan

Reporter: Administrator | Senin, 13 September 2021 | 17:35 WIB

damarnews.com

BANDUNG, - Reboisasi melalui tanaman keras oleh Satgas Citarum Harum sektor 22 marak dilakukan, seperti layaknya di Sub 09 yaitu Bantaran Sungai Cipamokolan Kelurahan Derwati Gedebage Kota Bandung, saat ini dilakukan pemeliharaan.

Peltu Ihwan selaku Dansub 09, ia mengatakan pemeliharaan tanaman keras hasil tanam mandiri satgas. "Hasil tanam tanpa dipelihara hasilnya tidak akan maksimal, bahkan lebih condong gagal tumbuh," katanya.

Menurut Ihwan, penanaman pohon di lahan kritis maupun dibantaran sungai perlu pemantauan, yaitu dengan dipelihara supaya hasil tanam bisa tumbuh sesuai dengan yang diharapkan.

Penanaman pohon di bantaran sungai merupakan penyelamatan kerusakan daerah aliran sungai, yaitu ditanami pohon keras bisa dijadikan sebagai pengikat tanggul atau sering disebut dengan istilah betonisasi.

Sungai Cipamokolan wilayah ini baru dilakukan normalisasi sungai, dengan pengerukan dan pelebaran sungai supaya tidak terjadi pendangkalan.

"Penanaman pohon keras disini hanya mengkomplitkan program setelah normalisasi sungai, disini kurang pohon kerasnya bahkan dahulu sering terjadi banjir, mudah mudahan setelah dilakukan normalisasi dan penghijauannya banjir akan berkurang," jelas Ihwan.

Pemeliharaan pohon keras oleh satgas sub 09 merupakan program rutin, sampai saat ini tanaman tumbuh dengan normal termasuk tanaman vertivera yang ditanam di tepian sungai. 

Rohendi

Bagikan melalui: