Dit Lantas Polda Jabar Laksanakan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Dan Keterampilan Pengemudi Ambulans

Reporter: Administrator | Sabtu, 27 November 2021 | 20:07 WIB

damarnews.com

CIANJUR - Sabtu, (27/11/2021) Direktorat Lalu Lintas Polda Jabar melaksanakan kegiatan pelatihan peningkatan kompetensi dan keterampilan pengemudi Ambulans untuk.mewujudkan Kamseltibcar Lantas, yang di laksanakan di Aula SMKN 1 Pacet Cianjur.

Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Kasubdit Kamsel, Kepala Jasa Raharja Wil Cianjur, Kanit Standarisasi Subdit Kamsel, Kasat Lantas Polres Cianjur, Kanit Dikyasa dan Anggota Dikyasa Polres Cianjur, Kepala Sekolah SMKN 1 Pacet, Ketua PUMA Jabar ( Persatuan Unit Mobil Ambulans ), Petugas Kesehatan dari RS Cianjur, Ketua ACB ( Ambulan Cianjur Bersatu ) Bapak Agus Komarudin, Babinsa Danramil Pacet dan Babinkamtibmas Polsek Pacet.

Peserta yang terlibat dalam kegiatan pelatihan ini di ikuti oleh Pengurus PUMA (Perkumpulan Unit Mobil Ambulans) sebanyak 45 orang dan Pengemudi Ambulans Wil Jabar sebanyak 120 orang.

Dengan dilaksanakannya pelatihan peningkatan kemampuan kepada para pengemudi ambulans di harapkan para peserta dapat memahami tentang kepatuhan pengemudi smbulans pada saat pengoperasian kendaraan dengan mentaati Kriteria-kriteria dalam mengemudi, sehingha di jamin aman,nyaman,selamat tertib dan lancar dalam berkendara.

Diharapkan para peserta pelatihan ( Sopir Ambulans ) memahami materi yang diberikan yaitu tentang Etika berlalu lintas, Safety Driving, Defensive Driving dan Bantuan Hidup Dasar sehingga mereka paham bagaimana mengemudikan ambulans yang baik dan dapat mengimplementasikan dengan baik saat pengoperasiaonalan kendaraan ambulans.

Diharapkan dengan pelatihan tersebut para pengemudi ambulans dapat melakukan tindakan pertama terhadap pasien yang dibawanya dan menyampaikan informasi awal kondisi pasien kepada RS yang dituju.

Selain itu para pengemudi ambulans dapat menjadi pengemudi yang *Defensive Driving* menjadi pengemudi yang lebih mengedepankan kewaspadaan terhadap keselamatan diri sendiri dan orang lain serta lebih berpikir cerdas mengenai tindakan yang akan di ambil ketika berkendara.

Dan di harapkan terjalin silaturahmi yang erat antara PUMA ( Perkumpulan Unit Mobil Ambulance ) dengan Kepolisian.

Rohendi

Bagikan melalui: